Tips Memaksimalkan Kamera Olympus Pen



Tips Memaksimalkan Kamera Olympus Pen [ www.BlogApaAja.com ]

Olympus mengeluarkan seri PEN yang memakaisistem Micro Four Thirds yang berhasil mencuri perhatian konsumen. Setelahsebelumnya sedikit mengulik mengenai komunitas penggunanya, sekarang saatnyamenyimak kiat-kiat pemaksimalan kamera mungil ini.

Berikut tipsnya yang langsung dibagikan olehOlympus Pen Fanatics atau biasa disingkat PEN-atics, komunitas Olympus PEN diIndonesia:

1. Kontrol Manual



Diciptakan untuk mendapatkan hasil yang tidakkalah saing dengan DSLR, Olympus PEN turut dibekali denganpengaturan-pengaturan yang ada di kamera kategori itu.

Pengguna bisa mengakses pengaturan manual darimulai ISO, Aperture dan Speed melalui menu bernama Super Control Panel.Pengaturan ini tentu saja memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil yang fotoyang lebih memuaskan di kondisi pemotretan yang berbeda-beda.

2. Viewfinder



Memang untuk kategori kamera yang merupakanperpaduan dari compact dan DLSR, pengguna tidak akan mendapatkan viewfinder.Akan tetapi apabila pengguna menghendaki adanya fitur tersebut, mereka bisamendapatkannya dengan membeli aksesor tambahan. Aksesori viewfinder elektronikini nantinya akan dipasangkan di hotshoe yang sudah ada di kamera.

3. Art Picture



Ingin membuat hasil foto memiliki warna yangmenawan? Disampaikan oleh komunitas PEN-atics bahwa kamera favorit mereka inisudah memiliki fitur bernama Art Picture.

"Kami banyak memakai fitur ini untukmempercantik tampilan foto atau membuat foto lebih artistik dan unik,"ujar Taufik Surinegara selaku koordinator komunitas. Art Picture sendiriterdiri dari Diorama Art (gambar berwarna di gedung akar), Dramatic Tone(gambar yang diconvert ke Black and White di dalam kamera), Soft Focus, PopArt, dan lain-lain.

"Kami sering menyebutnya"potosop" dalam kamera karena kita tidak perlu banyak mengolah fotodi depan komputer untuk menghasilkan foto unik seperti apa yangditampilkan," tambahnya.

4. Touch Screen



Selain untuk melihat hasil foto yang diambil,LCD live view yang dibekali dengan teknologi layar sentuh ini juga bisa dipakaiuntuk menentukan fokus obyek. Pengguna hanya tinggal menyentuhkan jari di titikyang dikehendaki untuk menentukan fokusnya.

5. Tilt LCD



Salah satu seri PEN menghadirkan LCD jenis tiltyakni E-PL3. Dengan LCD yang bisa diubah-ubah posisinya, maka penggunapun takkesulitan mengambil gambar secara high angle maupun low angle.

: detikinet

Follow On Twitter